Kamis, 05 Juni 2014

Drama Itu Berkisah Terlalu Jauh, Kumcer Puthut EA




Judul: Drama Itu Berkisah Terlalu Jauh
Penulis: Puthut EA
Penerbit: EA Book, Yogyakarta
Tahun Terbit: I, Februari 2014
Tebal Buku: xvi + 184 halaman
Harga: 40,000


Salah satu tugas seorang sastrawan – dan mungkin juga semua penulis – adalah memberikan suara pada yang bungkam, karena kalau tidak, melalui “mulut” siapa lagi mereka akan dapat bersuara. Puthut EA memikul tugas besar tersebut dan itu dibuktika melalui penerbitan buku kumpulan cerpennya ini, Drama Itu Berkisah Terlalu Jauh. Cerpen-cerpen dalam buku ini adalah “suara” orang-orang yang terbungkam atau memang sengaja dibungkam dalam senarai peristiwa, masalah dan tragedi yang terjadi di negeri ini waktu demi waktu. Mereka yang “diinjak-injak” oleh rezim dimunculkan kembali oleh Puthut EA untuk berkata lantang kepada dunia tentang ketidakadilan, penindasan dan kejahatan yang harus ditanggung oleh orang-orang macam mereka. Kejahatan kemanusiaan itu dilakukan oleh mereka yang selalu berdalih tentang penyelamatan negara. Tokoh-tokoh Puthut EA berusaha menggugat kembali nalar nurani kita untuk bersikap atas semua tragedi yang terjadi di negeri ini.
Tentu tema yang diusung oleh Puthut EA sangat besar dan terkesan berbau heroisme, karena memang biasanya tak ada tokoh penggugat yang biasa, yang tidak menjadi pahlawan. Cerita tentang penggugatan adalah cerita tentang heroisme. Tetapi itu tidak terjadi dalam 15 cerpen Puthut EA yang termuat dalam buku ini. Ia lebih memilih kisah yang biasa dengan tokoh yang biasa pula, misalnya, tentang tukang nasi goreng yang hilang akibat kerusuhan pasca 1965. Tak ada yang spesial, tak ada yang heroik. Tetapi apakah pesan dan narasinya biasa-biasa saja dan tidak mengesankan? Tunggu dulu. Puthut EA, semua orang tahu, adalah cerpenis yang piawai “mengelabuhi” pembacanya dengan cerita-cerita yang “tidak biasa”. Semua orang mungkin berpikir bahwa normalisasi kekacauan negara tidak boleh tidak pasti ada pahlawannya. Nah, pola pikir semacam itu akan patah dengan sendirinya setelah membaca cerpen-cerpen Puthut EA dalam buku ini.

(Fakih)
 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets