Senin, 25 Februari 2013

Republik Reptil dan Drama-Drama Lainnya (Kumpulan Naskah Drama Radhar Panca Dahana)



Judul: Republik Reptil dan Drama-Drama Lainnya
Penulis: Radhar Panca Dahana
Penerbit: Balesastra Pustaka, Jakarta
Tahun: April, 2010
Isi: ix+462 hlm
ISBN: 978-602-966-00-5

Harga: 50.000

Persoalan kita saat ini adalah tidak jalannya bahkan hancurnya mekanisme politik di negeri ini, sebagaimana yang diatur oleh undang-undang dan tradisi politik yang sudah dibangun oleh para pendahulu kita. Semua tatanan yang tampaknya rapi itu sesungguhnya rapuh...bukan hanya rapuh, tapi sudah remuk, seperti papan tua yang sudah sangat keropos karena rayap yang ganas.
(Republik Reptil, hlm. 40)

Aku orang biasa. Jadi jangan paksa aku untuk menerima pikiran dan ide-idemu yang terlalu tinggi, yang tak kumengerti, yang entah milik siapa.
Kawinlah denganku, seperti kau mengawini tikus yang tak mungkin hilang dari garasi mobilmu, seperti mengawini kali coklat di belakang rumah ibumu—rumah masa kecilmu—mengawini tetangga yang sulit sekali bersahabat denganmu—dengan siapa saja tentunya.
(1 Hari 11 Mata di Kepala, hlm. 113)

--------------------------

Sejauh ini, buku-buku yang merangkum naskah drama bisa dikatakan masih jarang. Kalaupun ada, mungkin buku-buku itu dicetak dalam edisi terbatas atau kalangan sendiri. Buku berjudul Republik Reptil dan Drama-Drama Lainnya karya Radhar Panca Dahana ini barangkali bisa dijadikan salah satu referensi bagi para pegiat drama atau teater, pelajar, guru, mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.

Republik Reptil adalah sarkasme atas kondisi negeri ini, terutama tentang perseteruan cicak vs buaya, antara KPK vs Polri, yang menyangkut isu krusial, yakni korupsi. Tak bisa dipungkiri, korupsi adalah masalah yang tak ada habisnya untuk disoroti, bahkan bisa dikatakan korupsi sudah menjadi “budaya” bagi sekelompok masyarakat, baik sipil maupun non sipil.

Bagaimana detil ceritanya?


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Blogger Widgets