Kamis, 25 Agustus 2011

Kabar Buruk dari Langit, novel Muhidin M. Dahlan


Kabar Buruk dari Langit, novel  
Pengarang       : Muhidin M Dahlan
Tebal               : 562 halaman
Ukuran                        : 12 x 19 cm
Penerbit           : Scripta Manent
ISBN               :

Harga             : 52.000


Novel ini sejatinya adalah novel ihwal pencarian Tuhan. Sebuah ritus pengembaraan sepi. Dalam pengelanaan itu sang tokoh temui ragam peristiwa ganjil dan dengar pelbagai kabar buruk dari lapisan langit yang gelap.

Mula-mula dua peristiwa yang membuatnya terguncang. Satu, masuknya atiga anjing besar serupa bulan dalam tubuhnya dalam perjalanan menuju Haraiman-Makkah. Dua, tatkala Jibril datang membawakannya ganja di malam 17 ramadhan. Dua peristiwa itu yang mengantarnya pada sikap-sikap berlawanan dengan paham keagamaan normal yang dipancangkan Dewan Ulama (semacam MUI) di Kota Kudus.

Novel ini kemudian mengabadikan perseteruan yang panjang antara paham keagamaan yang pernah memerahkan tanah Jawa. Juga dunia. Ia hendak menegaskan bahwa agama bukan tanya bagian dari penyembuh dunia yang sakit-sakitan, justru bagian dari masalah yang harus diselesaikan.

Novel ini mengabarkan kembali keyakinan yang hanya rindu rupa rindu bentuk adalah sebentuk keyakinan penjahat yang pura-pura terlihat seperti malaikat.

1 komentar:

  1. Maaf, buku ini apa masih ada stocknya? terima kasih.

    BalasHapus

Blogger Widgets